Tesis

Uji Kesahihan dan Keandalan Brief Fatigue Inventory (BFI) versi Bahasa Indonesia pada Pasien Kanker = Validity and Reliability of Brief Fatigue Inventory (BFI)- Indonesian Version in Cancer Patients.

LATAR BELAKANG.Kelelahan terkait kanker merupakan salah satu keluhan yang paling banyak dilaporkan oleh pasien kanker. Tata laksana yang baik membutuhkan alat ukur kelelahan terkait kanker yang baik. Brief Fatigue Inventory (BFI) merupakan instrumen singkat yang sahih dan andal yang disusun untuk menilai kelelahan terkait kanker. Tujuan penelitian ini adalah menguji kesahihan dan keandalan BFI versi Bahasa Indonesia. METODE.Dilakukan penerjemahan BFI ke dalam Bahasa Indonesia melalui prosedur forward-backward dan cognitive debriefing. Pada 121 pasien kanker rawat jalan yang memenuhi kriteria dan bersedia menjadi responden dilakukan pengisian BFI dan Medical Outcome Study Quality of Life Short Form 36 (MOS SF-36). Data demografis dan klinis pasien dikumpulkan dan dicatat. HASIL. Nilai keseluruhan koefisien Cronbach alpha untuk kesembilan butir BFI versi Bahasa Indonesia adalah 0.956. Hasil analisis faktor menunjukkan solusi 1 faktor, menguatkan hipotesis bahwa BFI merupakan instrumen unidimensional. Skor BFI versi Bahasa Indonesia dibandingkan dengan subskala MOS SF-36 untuk menilai kesahihan konvergen. Sesuai dugaan, diperoleh korelasi negatif dengan seluruh subskala MOS SF-36 (r= -0.388 hingga -0.676; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Nurul Paramita - Nama Orang
Nury Nusdwinuringtyas - Nama Orang
Raden Irawati Ismail - Nama Orang
Siti Annisa Nuhonni - Nama Orang
Djumhana Atmakusuma - Nama Orang

No. Panggil
T 15 287 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 88 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15287FKT15287FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Kesahihan dan Keandalan Brief Fatigue Inventory (BFI) versi Bahasa Indonesia pada Pasien Kanker = Validity and Reliability of Brief Fatigue Inventory (BFI)- Indonesian Version in Cancer Patients.

Related Collection